Makna-Arti Lirik Lagu Efek Rumah Kaca "Banyak Asap Disana"


Arti-LirikLagu  -Selamat Weekend semua. Mau pada liburan kemana nih? Atau mau mengisin hari libur kalian dengan apa? Kalau lagi sedang liburan kayak begini pasti pada semangat tapi kalau sudah masuk hari senin semangatnya langsung memudar tergantikan oleh rasa malas,h2 tapi janganlah bermalas-malasan karena itu akan membuat kreatifitasmu sedikit demi sedikit akan terkikis.

Okey kali ini admin Arti-Liriklagua akan mencoba mengartikan lagu dari Efek Rumah Kaca yang bertitel “Banyak Asap Disana”. Lagu ini sendiri masuk dalam album seri kedua yang digarap oleh Cholil, Akbar dan Adrian. Sebelumnya band yang terbentuk di Ibukota Jakarta ini adalah bernama "Hush" dan kemudian diganti menjadi "Superego", yang kemudian berubah lagi pada tahun 2005 menjadi Efek Rumah Kaca. Efek Rumah Kaca sendiri diambil dari salah satu judul lagu mereka. Sebelum kita bahas tuntas mengenai lirik Lagu dari efek rumah Kaca yang berjudul “Banyak Asap Disana” lebih afdolnya saya lampirkan terlebih dahulu liriknya. Berikut ini lirik lagu “Banyak Asap Disana”


Banyak Asap Disana

hidup tak lagi sama konglomerasi pesta
lapar bagai hama tak ada yang tersisa

dedikasi dijaga berjejal di kepala
demi sanak saudara hingga menyesakkan dada

diskriminasi hanya untuk kita semua
kado bersama sama di musim perik tiba

yang muda lari ke kota, berharap tanahnya mulia
kosong di depan mata, banyak asap di sana

menanam tak bisa, menangis pun sama
gantung cita cita di tepian kota

Setelah aku amati dan cermati serta saya baca berulang ulang lirik lagu dari efek rumah Kaca yang berjudul Banyak Asap Disana ini melukiskan tentang orang yang beranjak dewasa yang sudah dituntut untuk mendapatkan pekerjaan yang mapan. Namun karena tinggal dipedesaan dan minim atau tidak tersedianya lapangan pekerjaan maka dengan hati yang terpaksa meninggalkan kampung beranjak ke kota besar dengan harapan bisa mendapatkan pekerjaan yang layak serta mampu meraih kesuksesan disana.

Namun, karena tak memiliki keahlian yang cukup untuk melawan kerasnya kehidupan dikota akhirnya mimpi-mimpi indah yang dibawa dari desa pupus tak tersisa termakan realita yang ada. Tak kunjung mendaptkan pekerjaan di kota dan tak memiliki keahlian menuntun terlemparnya ketepian jalan, meminta-minta, hidup tanpa arah dan kemungkinan bisa memicu melakukan perbuatan kriminal untuk mengisi kekosongan perutnya. Hal semacam itu memang sudah menjadi fenomena dan sebuah realita yang ada di Indonesia. Banyak dari orang-orang yang larii ke kota dengan harapan bisa memperbaiki taraf hidupnya, namun tanpa keahlihan justru membawanya sulit untuk meraih cita-citanya.

Yap... itulah arti lirik lagu Efek Rumah Kaca yang bertitel "Banyak asap Disana" yang saya tangkap dari goresan-goresan liriknya. Lagi-lagi lirik dari Efek rumah Kaca memang sarat akan makna dan pesan moral yang terelip di dalamnya. Semoga apa yang saya sampaikan ini bermanfaat untuk Anda. Jika anda berkenan Anda juga bisa Share link Artikel ini di Akun Facebook atau Twitter Anda.

Terima Kasih.

3 komentar:

  1. Semua orang (khususnya pemuda-pemudi) secara berbondong-bondong ingin mencicipi kerasnya kehidupan urban. Namun ketika ingin merubah nasib di kota besar tidak semudah membalikkan telapak tangan, perlu banyak kerja keras. Jangan terlalu banyak berharap dan terlalu tinggi menggantungkan cita-cita di kota besar. ‘Yang muda lari ke kota, berharap tanahnya mulia.. Kosong di depan mata, banyak asap disana.. Menanam tak bisa, menangis pun sama.. Gantung cita-cita di tepian kota..’.

    BalasHapus
  2. cuma klarifikasi. lirik "diskriminasi harga"

    BalasHapus