Inilah Arti-Makna Lirik Lagu Efek Rumah Kaca "Sebelah Mata"


Arti-LirikLagu –Hay..Selamat pagi menjelang siang kawan dan salam  senyum untuk semua pembaca blog saya. Pertama-tama sebelum aku meriview arti lagu Efek Rumah kaca yang berjudul “Mosi Tidak Percaya” aku mau menyucapkan banyak-banyak terima kasih kepada Allah yang telah memberikan Nikmat yang berlimpah untuk saya, serta untuk kedua orang tua saya yang selalu mendukung saya meskipun dalam satu tahun ini belum bisa memelik hasil yang membanggakan kedua orang tua saya. Tak lupa saya juga ma mengucapkan banyak terima kasih banyak untuk semua teman-teman dan Girlfriend yang salalu berada sisiku dalam segala kondisi dan keadaanku.

Tanpa berlama-lama larut dalam kalimat pembuka langsung saja menuju ke topik pembahasan sob dimana kali ini aku akan mencoba merivew arti atau makna lagu terbaru dari Efek rumah Kaca yang berjudul “Sebelah Mata”. Seperti yang kita ketahui sebelumnya lagu yang digarap oleh tiga pentolan Efek Rumah Kaca (ERK) yakni Cholil Mahmud yang bertindak sebagai Vokalis and Gitaris, Adrian Faisal (basist) dan Akbar Bagus Sudibyo (Drummer) ini memang unik tak terfokus dalam satu hal saja tapi banyak hal-hal yang penting dalam kehidupan ini yang luput dari pandangan kita.  Dan ditangan Cholil-lah lirik-lirik lagu berkualitas syarat akan pesan moral dari hal-hal yang kita lalui sehari-hari dikupas dalam balutan sebuah lirik yang diselaraskan dengan nada-nada penuh kreatifitas.


“Efek Rumah Kaca” sendiri adalah band yang pernah digadang-gadang sebagai salah satu band terbaik di indonesia serta dua lagu dari Efek rumah Kaca juga pernah menembus dalam daftar 150 lagu Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Versi majalah Rolling Stone. Band yang saat ini bergabung dengan Managment “Jangan Marah Record” itu telah menelurkan dua Album dalam perjalanan karirnya serta daalam waktu dekat ii akan menlouncing album ketiganay. Dibawah ini saya akan tampilkan dulu lirik lagunya serta dibawahnya saya akan berusaha kupas habis makna atau arti lirik lagu Efek Rumah Kaca yang berjudul “Sebelah Mata”.

“Sebelah Mata”

Sebelah mataku yang mampu melihat
Bercak adalah sebuah warna warna mempesona
Membaur dengan suara dibawanya kegetiran
Begitu asing terdengar

Sebelah mataku yang mempelajari
Gelombang kan mengisi seluruh ruang tubuhku
Terbentuk dari sel akut
Dan diabetes adalah sebuah proses yang alami

Tapi sebelah mataku yang lain menyadari
Gelap adalah teman setia
Dari waktu waktu yang hilang


Menurut penilaian dari teropongan kaca-mataku lirik lagu Efek Rumah kaca yang berjudul “Sebelah Mata” ini menceritakan tentang seorang yang harus berbaring tak berdaya karena sedang tererang penyakit Diabetes. Ingin selalu untuk berpikir optimis tapi realita yang ada menunjukkan jika penyakit yang telah dia alami menuntun dia dalam konsisi yang tak berdaya dan kesepian adalah teman setia lantaran orang-orang disekelilingnya sudah jarang lagi mengisi hari-harinya. 

Memang sangat menyakitkan jika kita dalam kondisi seperti itu, Namun jika ada dari teman, Sahabat atau keluarga kita yang mengalami seperti itu kita hendaknya harus mensuport dia dan tak lupa slalu ada disisinya agar mereka meras tak sendirian serta mempunyai semangat yang berlipat untuk berjuang untuk sembuh.
.
Itulah arti lagu “Sebelah Mata” menurut penalaranku sob. Jika kalian berniat share link artikel ini di Facebook atau Twitter kalian silahkan kasih sumbenya juga ya sob.
Terima kasih.

24 komentar:

  1. Tapi sebelah mataku yang lain menyadari
    Gelap adalah teman setia
    Dari waktu waktu yang hilang

    Semoga lagu ini menguatkan bagi orang-orang penderita diabet.

    BalasHapus
  2. Lagu ini di persembahkan buat basisnya erk yang matanya mengalami gangguan karena diabetes...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diabetes yang tidak segera ditindak akan bisa meluas hingga ke daerah mata dan membuat mata mengalami penurunan penglihatan hingga buta, biasa disebut Retinoculopathy diabetikum~

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. it's Good Song and I like it...

    BalasHapus
  5. Bukan tentang diabet bos -_-, ini lagu tentang photography

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo yg tentang photography itu yg judul'y kamar gelap gan johanan #CMIIW

      Hapus
  6. Gelap adalah temen setia buat saya

    BalasHapus
  7. Sedikit nambahin komentar
    Bercak: Tanda2 diabetikum retinopati bila parah jadi gelap, gelap adalah teman setia, iya pada pasien dg diabetes lama bisa mengalami komplikasi kebutaan, bener abang penulis, ini lagu tentang px diabetes fase kronis dg komplikasi retinopati diabetikum

    BalasHapus
  8. Masih terus membuat bulu kuduk merinding walaupun telah 9 tahun terlewat dari rilis pertama lagu ini.
    Masterpiece.

    BalasHapus
  9. di kos terkadang main gitar sambil nyanyi lagu ini,dan mengingatkanku pada alm.ibu

    BalasHapus
  10. Sering mau nangis kalo denger lagunya. Haha

    BalasHapus
  11. Sering mau nangis kalo denger lagunya. Haha

    BalasHapus
  12. Saya sambil denger lagi lagunya ini,,,sungguh merinding,,,smoga maju terus ERK jangan ada matinya. Amin.

    BalasHapus
  13. Baru ngeh sama isi lagunya, but it's so nice song (y)

    BalasHapus
  14. Keren bangt isi dari lagu ini .. Jadi inget teman lama,bisa dsebut sahbat terindahq,yg pergi ke pangkuan sang pencipta.. Denger lagu ini jadi buat motivasi diri sndri,masih ad orng dsekliling qt yang sayang bgt sm kita n peduli..kita ga sndri

    BalasHapus
  15. Keren bangt isi dari lagu ini .. Jadi inget teman lama,bisa dsebut sahbat terindahq,yg pergi ke pangkuan sang pencipta.. Denger lagu ini jadi buat motivasi diri sndri,masih ad orng dsekliling qt yang sayang bgt sm kita n peduli..kita ga sndri

    BalasHapus

  16. bandarq
    Capsa Susun
    KlikQQ
    Prediksi Bola


    bandarq
    Capsa Susun
    KlikQQ
    Prediksi Bola
    #206.189.46.152/bandarq/ #206.189.46.152/klikqq/ #klikqq #klikkiu #bandarq #marinabet365.com

    BalasHapus
  17. Hello
    Please i just took up LABRADOR PUPPIES breeding as a hobby after my mom passed away because they were her favorite PUPPIES. Despite the fact that they are very intelligent, am finding it very difficult getting them to mate.
    For any information CLICK HERE LABRADOR PUPPIES FOR SALE. THANKS

    BalasHapus