Meneropong Arti-Makna Lirik Lagu "Mosi Tidak Percaya" Karya Efek Rumah Kaca


Arti-LirikLagu –Selamat pagi dan salam  senyum untuk semua pembaca blog saya. Pertama-tama sebelum aku meriview arti lagu Efek Rumah kaca yang berjudul “Mosi Tidak Percaya” aku mau menyucapkan banyak-banyak terima kasih kepada Allah yang telah memberikan Nikmat yang berlimpah untuk saya, serta untuk kedua orang tua say yang slalu mensuport saya meskipun dalam satu tahun ini belum bisa memelik hasil yang membanggakan kedua orang tua saya. Tak lupa saya juga mengucapkan banyak terima kasih banyak untuk semua teman-teman dan Girlfriend yang salalu berada sisiku dalam segala kondisi dan keadaanku,he2.

Yap, langsung saja menuju ke TKP sob dimana kali ini aku akan mencoba merivew arti atau makna lagu terbaru dari Efek rumah Kaca yang berjudul “Mosi Tidak Percaya”. Seperti yang kita ketahui sebelumnya lagu yang digarap oleh tiga pentolan Efek Rumah Kaca (ERK) yakni Cholil Mahmud yang bertindak sebagai Vokalis and Gitaris, Adrian Faisal (basist) dan Akbar Bagus Sudibyo (Drummer) ini memang unik dari lagu-lagu ciptaan Cholil ERK. Kita memang telah kehilangan sosok musisi-musisi yang nyaring mengkitisi gelagat pemerintahan. Terakhir kali adalah legenda musik Indonesia Bung Iwan Fals yang pada tahun 80an tak takut mendendangkan lagu yang bernada kritikan tajam untuk pemerintan pada masa itu. Periode Orde Baru dan Reformasi sudah jarang sekali para musisi Indonesia yang berani menyuarakan hati nurani rakyat.

Namun dengan seiring waktu Bang Iwan Fals kurang produtif lagi dalam mengkritisi kebijakan dan performa pemerintahan. Padatahun 2000an muncullah band yang bernama Efek Rumah Kaca. Band yang terbentuk di Jakarta ini pada Album yang kedua menyelipkan lagu berjuluk Mosi Tidak Percaya untuk menggambarkan apa yang terjadi pada saat ini. Tak hanya itu band ini juga aktif dalam forum-forum tukar pendapat yang mengandung unsur politik di Indonesia.

Yap, cukup segitu dulu mengupas tentang “Efek Rumah Kaca”, Band yang saat ini bergabung dengan Managment “Jangan Marah Record”. Berikut ini saya akan tampilkan dulu lirik lagunya serta dibawahnya saya akan berusaya kupas habis makna atau atri lirik lagu Efek Rumah Kaca yang berjudul “Mosi Tidak Percaya”.

Mosi Tidak Percaya

ini masalah kuasa, alibimu berharga
kalau kami tak percaya, lantas kau mau apa?

kamu tak berubah, selalu mencari celah
lalu smakin parah, tak ada jalan tengah

pantas kalau kami marah, sebab dipercaya susah
jelas kalau kami resah, sebab argumenmu payah

kamu ciderai janji, luka belum terobati
kami tak mau dibeli, kami tak bisa dibeli

janjimu pelan pelan akan menelanmu

ini mosi tidak percaya, jangan anggap kami tak berdaya
ini mosi tidak percaya, kami tak mau lagi diperdaya

Menurut penilaian dari sudut pandang saya, lagu Efek rumah Kaca yang berjudul Mosi Tidak Percaya Ini memang ditujukan untuk pemerintahan. Meski pada hakekatnya arti dari kata Mosi Tidak percaya dalam kamus Besar bahasa Indonesia adalah ketidak percayaan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) terhatap pemerintahan atau keputusan pemerintah. Namun, dengan berkembangan zaman arti dari kata Mosi tidak Percaya telah mengalami perluasan makna atau arti menjadi ketidakpercayaan rakyat pada pemerintaha atau ketidakpercayaan Rakyyat kepada anggota legislatis (DPR/MPR).

Lirik yang terkandung dari Mosi Tidak Percaya itu sendiri menceritakan ketidakpercayaaan terhadap pemimpin ataua pemerintah yang slalu ingkar janji, memberikan penjelasan penjelasan yang tidak masih di akal tentang kebijakan-kebijakan yang tidak memihak rakyat dan ulah konyol atau blunder yang dilakukan pemerintah.

Ya, itulah arti lagu “Mosi Tidak Percaya” menurut penalaranku sob. Jika kalian berniat share link artikel ini di Facebook atau Twitter kalian silahkan kasih sumbenya juga ya sob. Terima kasih.

0 komentar: